BAB
1
PENDAHULUAN
Young advertising
merupakan biro iklan yang bergerak dibidang periklanan baik itu iklan di media
cetak dan media elektonik. Young edvertising mengemas suatu konsep periklanan
suatu produk ataupun jasa yang akan di pasarkan, dengan menganalisa produk yang
akan di iklankan oleh biro iklan young advertising agar iklan yang dihasilkan
efektif dan dapat merangkul kalayak
dengan tepat. Dengan berusaha mengenali produk yang akan di iklankan dan di
pasarkan maka akan mendapat tempat di hati kosumen agar tertarik membeli produk
baik itu barang atau jasa yang di iklankan. Young advertising bekerja secara :
1.
Kreatifitas (Creativity):
Kreatifitas adalah inti kehidupan
dari suatu perusahaan periklanan. Jiwa kreatifitas harus mengalir diseluruh
departemen dan di seluruh perusahaan periklanan, bukan hanya kewajiban
daritim/departemen kreatif saja.
2.
Semangat dan Kecintaan Terhadap Pekerjaan (Passionate):
Kreatifitas yang maksimum hanya
dapat muncul bila ada semangat kerja untuk selalu mencapai yangterbaik dan
menimbulkan kekaguman bagi semua pihak.
3.
Berani Mengambil Resiko (Risk Taking):
Resiko gagal adalah sesuatu yang
wajar dalam proses kreatifitas dan inovasi. Perusahaan periklananakan
menghargai pengambilan resiko yang berhasil (tanpaharus memberikan `hukuman`
atas idekreatif yang gagal).
4.
Dorongan & Kepercayaan (Empowerment & Trust):
Menghargai tiap kontribusi dari tiap
individu untuk membangun suasana kerja yangsaling percayahingga karyawan
memunculkan seluruh pontensi-potensi mereka semaksimal mungkin.
5.
Proaktif (Proactive):
Individu yang proaktif adalah inti
suatu tim yang mampu berprestasi maksimal untuk menciptakan ide-ide yang
mengagumkan. Perusahaan periklanan mendukung dan mendorong karyawannya untuk
melakukan inisiatif dan bertanggung-jawab penuh dalam menciptakan dan mendukung
ide-ide yang cemerlang tersebut.
6.
Ceria (Fun):
Suasana kerja yang menyenangkan
dibutuhkan untuk merangsang dan terus menjaga tingkat enerjidan kreatifitas
yang tinggi sehingga perlu diciptakan suasana yang menyenangkan bagi semua
orang dengan tetap menjaga rasa saling menghargai satu sama lain.
Dalam sturtur organisasi young advertising
tidak banyak tenaga kerja mekipun tidak memiliki banyak tenaga kerja young
advertising selalu memberikan yang terbaik bagi kliennya dan menjamin kepuassan
klien yang kami tangani berikut ini adalah orang-orang yang berperan dalam
young edvertising. Berikut struktur organisasi yang ada di young advertising :
1. Account Executive.
Account service adalah bagian yang bertugas untuk
berhubungan dengan klien. Sedangkan orang yang bertugas melakukannya disebut
Account Axecutive (AE) . AE menjalankan fungsinya sebagai perantara atau
jembatan penghubung informasi antara klien dengan biro iklan.
AE menyusun dan menyampaikan brief kreatif kepada
tim-tim kreatif, Menyusun strategic planning dengan melakukan riset terhadap
produk, perilaku konsumen dan pemasaran produk klien. Melakukan presentasi
kepada klien mengenai konsep yang telah dibuat oleh team kreatif. Seorang AE
tidak hanya datang apabila diminta oleh klien tetapi harus selalu melakukan
kontak dengannya.
2. Art Director
Pengarah seni atau art director adalah seorang
yang mempunyai tugas untuk membuat perencanaan penampilan iklan yang akan
disampaikan berdasarkan pertimbangan seni.
Art director dalam merancang tampilan suatu
iklan akan bekerjasama dengan copy writer untuk menentukan pesan yang akan
dipakai dalam iklannya sesuai dengan brief kreatif yang ada. Kerjasama antar
art director dan copy writer ini sangat penting, karena jangan sampai
masing-masing mempunyai ide yang berbeda tetapi tidak dapat disatukan menjadi
sebuah ide iklan.
3. Copywriter.
Penulis naskah adalah salah satu personil
dalam kreatif yang bertugas membuat naskah iklan yang persuasif dan bekerja
sama dengan art drector untuk merancang layout iklan yang baik.
4. Media
Seorang
Media bertugas memilih media yang tepat untuk penempatan iklan membuat
perencanaan media,strategi dan taktik media.
Dan dalam YOUNG
ADVERTISING orang-orang yang bekerja di dalamnya adalah :
Account Executive : Mega Febriani dan Murni Setio.f
Art Director : Ria Warlestari
Copywriter : Anggia trisaputra
Media : Norman dan Andi Mei Rizal
BAB
2
ANALISA
PERUSAHAAN
SEJARAH PERUSAHAAN
BATIK SEMAR didirikan
oleh keluarga Kasigit pada tahun 1947. Selain mengembangkan usaha batik, salah
satu tujuannya adalah mempertahankan seni warisan Budaya Bangsa Indonesia
Pada mulanya
Perusahaan BATIK SEMAR memproduksi batik dengan nama BATIK BODRONOYO yang tak
lain dalah nama dari SEMAR itu sendiri. Tetapi karena nama SEMAR lebih dikenal
di-masyarakat umum, maka dipakailah nama tersebut pada tahun 1966 sebagai BATIK
SEMAR. Alasan dipilihnya nama tersebut karena SEMAR merupakan sosok panutan
dalam dunia Pewayangan, yang diakui sebagai BATARA ISMAYA, sekaligus menjadi
pengasuh keluarga Pandawa.
Bagi Perusahaan
sendiri nama SEMAR dapat diartikan sebagai :
S = Sarwi atau
bersama-sama
E = Ening atau Suci
bersih
M = Marsudi atau
berusaha tanpa putus asa
A = Ajuning atau perkembangan
R = Rasa atau Seni
Arti secara umum
adalah :
Dengan niat yang
tulus, secara berkesinambungan berusaha terus untuk mengembangkan produk batik.
Pada waktu itu
pengembangan penjualan batik masih terbatas pada kota-kota tertentu yang ada di
pulau Jawa. Produksi dari BATIK SEMAR pada awalnya hanya memprosuksi
batik-batik tulis yang jangkauan pemasarannya terbatas pada masyarakat golongan
menengah dan menengah keatas. Tetapi dengan maksud dan tujuan agar produksi
dapat berkembang lebih baik, maka pada tahun 1952 produksi dikembangkan dengan
menambah batik cap dan batik kombinasi, sehingga daya belinya dapat terjangkau
oleh masyarakat luas.
Corak-corak batik
yang diproduksi oleh BATIK SEMAR tidak hanya terbatas pada corak-corak batik
Sala saja, tetapi juga dikembangkan untuk memproduksi corak batik Bledakan (
Jogja), Pekalongan, Cirebonan dan Laseman.
Sejalan dari
perkembangan waktu, sampai tahun 1972 batik juga mengalami perubahan dan
perkembangan dengan munculnya teknik baru yang pada waktu itu disebut printing
atau batik printing atau printing/sablon dengan motif batik. Untuk mengimbangi
dan mengikuti perkembangan atas kemajuan2 tersebut maka produksi BATIK SEMAR
sendiri dikembangkan lebih bervariasi baik dalam mode, corak dan warnanya.
Dari segi pemasaran
didalam negeri, BATIK SEMAR telah mengembangkan jalur distribusi dengan
toko-toko Cabang dan Perwakilan diberbagai temapt kota-kota besar di Indonesia,
dengan harapan dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan hasil produksi
BATIK SEMAR. Selain didalam negeri BATIK SEMAR juga telah mengembangkan
pemsaran keluar negeri seperti : Amerika, Eropa , Australia dan Negara2 Asia.
Dengan demikian
hasil usaha dari perintis BATIK SEMAR dapat diteruskan kepada generasi
berikutnya sejalan dengan usaha untuk melestarikan dan membudayakan batik pada
masa yang akan datang.
Company
Profile
Basic
Information
Company
Name:
|
BATIK SEMAR PT
|
Business
Type:
|
Manufacturer
|
Product/Service
(We Sell): |
Men & Ladies Fashion,
Household, Handicraft, Fashion Accessories
|
Brands:
|
Batik Semar
|
Number
of Employees:
|
101 - 500 People
|
Trade
& Market
Main
Markets:
|
North America
South America Eastern Europe Southeast Asia Africa Oceania Mid East Eastern Asia Western Europe |
Total
Annual Sales Volume:
|
US$2.5 Million - US$5 Million
|
Export
Percentage:
|
31% - 40%
|
Factory
Information
Factory
Location:
|
JL. Laksda Adisucipto No.101 Solo
- Indonesia
|
QA/QC:
|
In House
|
Number
of R&D Staff:
|
11 - 20 People
|
Number
of QC Staff:
|
5 - 10 People
|
Contract
Manufacturing:
|
OEM Service Offered Buyer
Label Offered
|
BAB
3
ANALISA
KALAYAK
Segmentasi yang ingin di capai pada
edisi ini merupakan konsumen yang memiliki penghasilan menengah keatas, tingkat
pendidikan kalayak yang membeli produk kami smu atau orang yang berpendidikan
cukup tinggi. Untuk segmentasi berdasarkan jenis kelamin konsumen yang membeli
batik semar bisa di gapai oleh laki-laki ataupun perempuan baik itu
anak-anak,remaja dan dewasa namun untuk
edisi bulan ini kami mensegmentasikan untuk remaja putri dan wanita muda dengan
usia 15tahun sampai 25 tahun, yang mempunya gaya hidup modern, stylist dan
ingin tampil natural dengan menggunakan produk asli Indonesia namun tetap
elegant, stylis, mempesona seperti gaya hidup anak muda jaman sekarang.
PRODUK
Edisi ini batik semar
mengsegmenasikan prodaknya berupa batik-batik untuk remaja putri dan wanita
muda dengan tema “taman gaul”. Dengan memasarkan produk baju batik yang dikemas
modern tanpa menghilangkan ciri khas Indonesia dengan motif batik yang menjadi
identitas bangsa.
ANALISA
PEMASARAN
Produk-produk
batik semar dapat dijumpai di outlet-outlet batik semar yang yang tersebar di
seluruh Indonesia juga di beberapa out let yang berada di mal-mal di seluruh
Indonesia.
PERENCANAAN
MEDIA
Untuk Iklan cetak batik semar pada edisi teman gaul
kali ini ada di majalah-majalah remaja dan wanita muda seperti majalah Gadis,
Kosmopolitan dan majalah Kartika sementara untuk iklan visual batik semar
memilih acara yang bersegmentasi anak muda yang tayang di televise seperti
Planet Remaja ANTV yang mengulas style anak muda jaman sekarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar