Minggu, 15 Januari 2012

tugas kuliah management periklanan


BAB 1
PENDAHULUAN

Young advertising merupakan biro iklan yang bergerak dibidang periklanan baik itu iklan di media cetak dan media elektonik. Young edvertising mengemas suatu konsep periklanan suatu produk ataupun jasa yang akan di pasarkan, dengan menganalisa produk yang akan di iklankan oleh biro iklan young advertising agar iklan yang dihasilkan efektif dan dapat merangkul  kalayak dengan tepat. Dengan berusaha mengenali produk yang akan di iklankan dan di pasarkan maka akan mendapat tempat di hati kosumen agar tertarik membeli produk baik itu barang atau jasa yang di iklankan. Young advertising bekerja secara :
1. Kreatifitas (Creativity):
            Kreatifitas adalah inti kehidupan dari suatu perusahaan periklanan. Jiwa kreatifitas harus mengalir diseluruh departemen dan di seluruh perusahaan periklanan, bukan hanya kewajiban daritim/departemen kreatif saja.
2. Semangat dan Kecintaan Terhadap Pekerjaan (Passionate):
            Kreatifitas yang maksimum hanya dapat muncul bila ada semangat kerja untuk selalu mencapai yangterbaik dan menimbulkan kekaguman bagi semua pihak.

3. Berani Mengambil Resiko (Risk Taking):
            Resiko gagal adalah sesuatu yang wajar dalam proses kreatifitas dan inovasi. Perusahaan periklananakan menghargai pengambilan resiko yang berhasil (tanpaharus memberikan `hukuman` atas idekreatif yang gagal).

4. Dorongan & Kepercayaan (Empowerment & Trust):
            Menghargai tiap kontribusi dari tiap individu untuk membangun suasana kerja yangsaling percayahingga karyawan memunculkan seluruh pontensi-potensi mereka semaksimal mungkin.

5. Proaktif (Proactive):
            Individu yang proaktif adalah inti suatu tim yang mampu berprestasi maksimal untuk menciptakan ide-ide yang mengagumkan. Perusahaan periklanan mendukung dan mendorong karyawannya untuk melakukan inisiatif dan bertanggung-jawab penuh dalam menciptakan dan mendukung ide-ide yang cemerlang tersebut.

6. Ceria (Fun):
            Suasana kerja yang menyenangkan dibutuhkan untuk merangsang dan terus menjaga tingkat enerjidan kreatifitas yang tinggi sehingga perlu diciptakan suasana yang menyenangkan bagi semua orang dengan tetap menjaga rasa saling menghargai satu sama lain.

             Dalam sturtur organisasi young advertising tidak banyak tenaga kerja mekipun tidak memiliki banyak tenaga kerja young advertising selalu memberikan yang terbaik bagi kliennya dan menjamin kepuassan klien yang kami tangani berikut ini adalah orang-orang yang berperan dalam young edvertising. Berikut struktur organisasi yang ada di young advertising :
1.  Account Executive.
Account service adalah bagian yang bertugas untuk berhubungan dengan klien. Sedangkan orang yang bertugas melakukannya disebut Account Axecutive (AE) . AE menjalankan fungsinya sebagai perantara atau jembatan penghubung informasi antara klien dengan biro iklan.
AE menyusun dan menyampaikan brief kreatif kepada tim-tim kreatif, Menyusun strategic planning dengan melakukan riset terhadap produk, perilaku konsumen dan pemasaran produk klien. Melakukan presentasi kepada klien mengenai konsep yang telah dibuat oleh team kreatif. Seorang AE tidak hanya datang apabila diminta oleh klien tetapi harus selalu melakukan kontak dengannya.
2. Art Director
Pengarah seni atau art director adalah seorang yang mempunyai tugas untuk membuat perencanaan penampilan iklan yang akan disampaikan berdasarkan pertimbangan seni.
Art director dalam merancang tampilan suatu iklan akan bekerjasama dengan copy writer untuk menentukan pesan yang akan dipakai dalam iklannya sesuai dengan brief kreatif yang ada. Kerjasama antar art director dan copy writer ini sangat penting, karena jangan sampai masing-masing mempunyai ide yang berbeda tetapi tidak dapat disatukan menjadi sebuah ide iklan.
3. Copywriter.
Penulis naskah adalah salah satu personil dalam kreatif yang bertugas membuat naskah iklan yang persuasif dan bekerja sama dengan art drector untuk merancang layout iklan yang baik.
4. Media
Seorang Media bertugas memilih media yang tepat untuk penempatan iklan membuat perencanaan media,strategi dan taktik media.



Dan dalam YOUNG ADVERTISING orang-orang yang bekerja di dalamnya adalah :
 Account Executive    :   Mega Febriani dan Murni Setio.f
Art Director                :  Ria Warlestari
Copywriter                  :  Anggia trisaputra
Media                          :   Norman dan Andi Mei Rizal




BAB 2
ANALISA PERUSAHAAN

SEJARAH PERUSAHAAN
BATIK SEMAR didirikan oleh keluarga Kasigit pada tahun 1947. Selain mengembangkan usaha batik, salah satu tujuannya adalah mempertahankan seni warisan Budaya Bangsa Indonesia
Pada mulanya Perusahaan BATIK SEMAR memproduksi batik dengan nama BATIK BODRONOYO yang tak lain dalah nama dari SEMAR itu sendiri. Tetapi karena nama SEMAR lebih dikenal di-masyarakat umum, maka dipakailah nama tersebut pada tahun 1966 sebagai BATIK SEMAR. Alasan dipilihnya nama tersebut karena SEMAR merupakan sosok panutan dalam dunia Pewayangan, yang diakui sebagai BATARA ISMAYA, sekaligus menjadi pengasuh keluarga Pandawa.
Bagi Perusahaan sendiri nama SEMAR dapat diartikan sebagai :
S = Sarwi atau bersama-sama
E = Ening atau Suci bersih
M = Marsudi atau berusaha tanpa putus asa
A = Ajuning atau perkembangan
R = Rasa atau Seni
Arti secara umum adalah :
Dengan niat yang tulus, secara berkesinambungan berusaha terus untuk mengembangkan produk batik.
Pada waktu itu pengembangan penjualan batik masih terbatas pada kota-kota tertentu yang ada di pulau Jawa. Produksi dari BATIK SEMAR pada awalnya hanya memprosuksi batik-batik tulis yang jangkauan pemasarannya terbatas pada masyarakat golongan menengah dan menengah keatas. Tetapi dengan maksud dan tujuan agar produksi dapat berkembang lebih baik, maka pada tahun 1952 produksi dikembangkan dengan menambah batik cap dan batik kombinasi, sehingga daya belinya dapat terjangkau oleh masyarakat luas.
     
Corak-corak batik yang diproduksi oleh BATIK SEMAR tidak hanya terbatas pada corak-corak batik Sala saja, tetapi juga dikembangkan untuk memproduksi corak batik Bledakan ( Jogja), Pekalongan, Cirebonan dan Laseman.
Sejalan dari perkembangan waktu, sampai tahun 1972 batik juga mengalami perubahan dan perkembangan dengan munculnya teknik baru yang pada waktu itu disebut printing atau batik printing atau printing/sablon dengan motif batik. Untuk mengimbangi dan mengikuti perkembangan atas kemajuan2 tersebut maka produksi BATIK SEMAR sendiri dikembangkan lebih bervariasi baik dalam mode, corak dan warnanya.
Dari segi pemasaran didalam negeri, BATIK SEMAR telah mengembangkan jalur distribusi dengan toko-toko Cabang dan Perwakilan diberbagai temapt kota-kota besar di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan hasil produksi BATIK SEMAR. Selain didalam negeri BATIK SEMAR juga telah mengembangkan pemsaran keluar negeri seperti : Amerika, Eropa , Australia dan Negara2 Asia.
Dengan demikian hasil usaha dari perintis BATIK SEMAR dapat diteruskan kepada generasi berikutnya sejalan dengan usaha untuk melestarikan dan membudayakan batik pada masa yang akan datang.
Company Profile
Basic Information
Company Name:
BATIK SEMAR PT  Authenticated and Verified
Business Type:
Manufacturer  
Product/Service
(We Sell):
Men & Ladies Fashion, Household, Handicraft, Fashion Accessories  
Brands:
Batik Semar  
Number of Employees:
101 - 500 People 
Trade & Market
Main Markets:
North America
South America
Eastern Europe
Southeast Asia
Africa
Oceania
Mid East
Eastern Asia
Western Europe
Total Annual Sales Volume:
US$2.5 Million - US$5 Million  
Export Percentage:
31% - 40%  
Factory Information
Factory Location:
JL. Laksda Adisucipto No.101 Solo - Indonesia  
QA/QC:
In House  
Number of R&D Staff:
11 - 20 People  
Number of QC Staff:
5 - 10 People  
Contract Manufacturing:
OEM Service Offered   Buyer Label Offered  



BAB 3
ANALISA KALAYAK
            Segmentasi yang ingin di capai pada edisi ini merupakan konsumen yang memiliki penghasilan menengah keatas, tingkat pendidikan kalayak yang membeli produk kami smu atau orang yang berpendidikan cukup tinggi. Untuk segmentasi berdasarkan jenis kelamin konsumen yang membeli batik semar bisa di gapai oleh laki-laki ataupun perempuan baik itu anak-anak,remaja dan dewasa  namun untuk edisi bulan ini kami mensegmentasikan untuk remaja putri dan wanita muda dengan usia 15tahun sampai 25 tahun, yang mempunya gaya hidup modern, stylist dan ingin tampil natural dengan menggunakan produk asli Indonesia namun tetap elegant, stylis, mempesona seperti gaya hidup anak muda jaman sekarang.
PRODUK
            Edisi ini batik semar mengsegmenasikan prodaknya berupa batik-batik untuk remaja putri dan wanita muda dengan tema “taman gaul”. Dengan memasarkan produk baju batik yang dikemas modern tanpa menghilangkan ciri khas Indonesia dengan motif batik yang menjadi identitas bangsa.

ANALISA PEMASARAN
            Produk-produk batik semar dapat dijumpai di outlet-outlet batik semar yang yang tersebar di seluruh Indonesia juga di beberapa out let yang berada di mal-mal di seluruh Indonesia.

PERENCANAAN MEDIA
            Untuk  Iklan cetak batik semar pada edisi teman gaul kali ini ada di majalah-majalah remaja dan wanita muda seperti majalah Gadis, Kosmopolitan dan majalah Kartika sementara untuk iklan visual batik semar memilih acara yang bersegmentasi anak muda yang tayang di televise seperti Planet Remaja ANTV yang mengulas style anak muda jaman sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar