Kamis, 12 Januari 2012

♪ MEMORI ♫


♪ MEMORI ♫
☻DEVINISI
Memori adalah sistem sangat berstruktur, yang menyebabkan organisme sanggup merekam fakta-fakta tentang dunia dan menggunakan pengetahuannya untuk membimbing perilakunya.

Secara singkat memori melewati tiga proses :
Perekaman yang disebut dengan encoding
Merupakan pencatatan informasi melalui reseptor indera dan sirkit saraf internal. Penyimpanan yang disebut dengan storage
Merupakan penentu infomasi itu dalam benak kita, dalam bentuk apa, dan bagaimana. Bentuk panyimpanannya bisa dalam bentuk pasif dan aktif. Dalam bentuki aktif apabila apabila kita menambah informasi tambahan dan bila secara pasif tidak terjadi penambahan.
Pemanggilan yang disebut juga retrieval
Merupakan penggunaan bahasa sehari-hari, mengingat lagi dengan informasi yang sudah disimpan.




☻JENIS-JENIS MEMORI
♪ Pengingatan (recall)
Adalah proses aktif untuk menghasilkan kembali fakta dan informasi secara verbatim (kata demi kata) tanpa petunjuk yang jelas. Bila ada pertanyaan seperti “apakah jenis-jenis ikan laut yang termasuk mamalia?”. Ketika seseorang mulai menjawab dalam pengiatan dalam bentuk esai seseorang juga akan mengingat-ingat kembali fakta yang tersimpan dalam memori.

♪ Pengenalan (recognition)
Agak sulit untuk mengingat kembali suatu fakta namun lebih mudah mengenalnya kembali. Bila ada pertanyaan “siapa presiden mesir sekarang ?” lebih mudah bila pertanyaannya “siapa presiden mesir sekarang?” Sada atau mubarok  dan dapat disimpulkan bahwa dalam hal ini diperlukan pengenalan dimana seseorang tidak harus mengingatnya melainkan mengenal satu diantara dua?






♪ Belajar Lagi (releaning)
Menguasai kembali pelajaran yang pernah kita peroleh termasuk pekerjaan memori . seorang  psikolog yang sering membacakan kutipan-kutipan pendek dalam bahasa yunani terhadap anak-anak dan dilakukan setiap hari mulai usia 15bulan dan 3tahun. Pada usia 8tahun ia akan ditanyakan kembali kutipan-kutipan yang pernah di dengarnya. Anak itu menjawab tidak . Maka Recall tidak tejadi dan diperlihatkan kutipan itu kepadanya apakah ia mengenalnya jawabannya juga tidak. Hamper saja sang spikolog putus asa namun ketika sianak disuruh menghafal kutipan-kutipan tersebut takjub anak itu lebih cepat menghafal apa yang pernah ia dengar dulu dan ini lah yang disebut relearning.


 ♪ Redintegrasi (Redintegration)
     Merekonstruksi seluruh masa lalu melalui petunjuk memori kecil,petunjuk memori bias saperti bau tertentu, warna atau tempat. Inilah yang yang nmenyebabkan bila seseorang merasa sedih jika mencium bau-bau tertentu, atau tempat-tempat tertentu dan kejadia-kejadian tertentu karma seseorang itu pernah mengalaminya dulu.


MEKANISME MEMORI
Memori merupakan arsip yang murah, praktis, efisien dan portable, tetapin memori sering kali tidak berfungsi karma kita sering lupa untuk mengetahui pekerjaan memori kita harus menjawab mengapa orang lupa jawabannya jelas mengapa orang ingat dengan itu ada tigag teori yang yang menjelaskan memori :
1.     Teori Aus
2.     Teori Interfensi
3.     Teori Pengolahan Informasi


♫ Teori Aus (Disuse Theory)
     Menurut teori ini memori hilang dan memudar seiring berjalannya waktu seperti memori otot,  akan tetapi tidak selalu wakti mengauskan memori sering terjadi kitamasih ingat kejadia puluhan tahun yang lalu namun kita lupa dengan kejadian bebebrapa bulan yang lalu.

♫ Teori Interferensi (Interrence Theory)
     Menurut teiri ini teory merupakan meja lilin atau kanvas , pada kanvas sudah terlukis hokum relavisitas. Segera setelah itu anda merekam hokum medaman gabungan dan yang kedua akn menghapus rekaman yang pertama atau mengaburkannya inilah yang disebut   interferensi seseorang akan menghafal satu demi satu bacaan namun akan terkikis lupa dimana yang dihafal pertama kalinya dengan hasil hafalan yang kedua begitu juga. Hasil ingatan lama-lama akan terkikis dengan ingatan berikutnya hal ini disebut juga inhibisi retroaktif.

♫ Teori Pengolahan Informasi (Information Processing Theory)
     Teori ini mengatakan bahwa informasi mula-mula disimpan pada sensory storage (gudang inderawi)kemudian masuk short-term memory (STM, memory jangka pendek) lalu dilupakan atau dikonding untuk masuk kedalam long-term memory (LTM, memory jangka panjang). Dan otak manusia dianalogikan sebagai computer. Pada intinya daya kerja teory ini adalah mekanisme otak dalam mnerima.mengolah dan menyimpan informasi pada memory manusia.








¤ BERPIKIR ¤
☻DEVINISI
     Berpikir adalah proses keempat terhadap stimuli pada penafsiran  yang pada intinya akan terjadi penarikan kesimpulan yang melibatkan pengggunaan laqmbang-lambang, visual atau gravis. Berpikir adalah proses dalam memahami realitas dalam rangka mengambil keputusan, memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu yang baru.

☻BAGAIMANA SESEORANG BERPIKIR
Sacara garis besar berpiir ada dua macam yaitu :
1.     Bepikir Autistik
Seperti melamun, menghayal dan berfantasi cotohnya orang yang melarikan diri dari kenyataan dan melihat hidup sabagai gambar-gambar fantasi.
2.     Berpikir Realistik
Seperti berpikir dengan menggunakan nalar ialah berpikir dalam rangka menyesuaikan diri dari kehidupan nyata.




Tiga macam berpikir Realistik :
~  Berpikir Deduktif
Ialah berpikir untuk mengambil keputusan atau kesimpulan dari dua pernyataan dengan mendahulukan hal-hal yang umum pada hal-hal khusus.
~ Berpikir Induktif
Ialah bepikir untuk mengambil kesimpulan dari dua pertanyaan dengan mendahulukan hal-hal yang khusus pada hal-hal yang umum.
~ Berpikir Evaluatif
Ialah berpikir kritis dengan menilai baik buruknya, tepat atau tidaknya suatu keputusan dan dalam berpikir evaluatif seseorang tidak menambah atau mengurangi gagasan.









☻ MEMECAHKAN PERSOALAN (PROBLEM SOLVING)
Umumnya kita bergerak sesuai dengan kebiasaan san semua berjalan otomatis, dan proses pemecahan persoalan berlangsung melalui lima tahap :
~ Terjadi peristiwa ketika perilaku yang biasa dihambat karena sebab-sebab tertentu.
~ Mencoba mengenali memory seseorang untuk mengetahui cara-cara apa saja yang efektif pada masa lalu.
~ Mencoba seluruh kemungkinan pemecahan yag pernah diingat atau dipikirkan dengan seseorang.
~ Mulai menggunakan lambing-lambang verbal atau gravis untuk mengatasi masalah.
~ Muncul pemikiran terlintas dalam pemikiran anda suatu pemecahan.








☻FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PEMECAHAN MASALAH
          Pemecahan masalah dipengaruhi oleh factor-faktor situasional dan personal :
~ Faktor Situasional
Terjadi pada stimulus yang menimbulkan masalah yang (sulit-mudah) (baru-lama) (penting-kurang penting) (melubatkan sedikit atau banyak masalah)
~ Faktor Personal
Terjadi pada bilogis yang terjadi pada diri seseoramg meningkat atau menurunnya kemampuan biologis bila menghadapi masalah, dan sosiopsikologis terhadap pemecahan masalah.










☻ BERPIKIR KREATIF (CREATIVE THINKING)





































    
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar