♪ MEMORI ♫
☻DEVINISI
Memori adalah sistem sangat berstruktur, yang menyebabkan
organisme sanggup merekam fakta-fakta tentang dunia dan menggunakan
pengetahuannya untuk membimbing perilakunya.
Secara singkat memori melewati tiga proses :
Perekaman yang disebut dengan encoding
Merupakan pencatatan informasi melalui reseptor indera dan sirkit saraf
internal. Penyimpanan yang disebut dengan storage
Merupakan penentu infomasi itu dalam benak kita, dalam bentuk apa, dan
bagaimana. Bentuk panyimpanannya bisa dalam bentuk pasif dan aktif. Dalam
bentuki aktif apabila apabila kita menambah informasi tambahan dan bila secara
pasif tidak terjadi penambahan.
Pemanggilan yang disebut juga retrieval
Merupakan penggunaan bahasa sehari-hari, mengingat lagi dengan informasi
yang sudah disimpan.
☻JENIS-JENIS MEMORI
♪ Pengingatan (recall)
Adalah proses aktif untuk menghasilkan kembali fakta
dan informasi secara verbatim (kata demi kata) tanpa petunjuk yang jelas. Bila
ada pertanyaan seperti “apakah jenis-jenis ikan laut yang termasuk mamalia?”.
Ketika seseorang mulai menjawab dalam pengiatan dalam bentuk esai seseorang
juga akan mengingat-ingat kembali fakta yang tersimpan dalam memori.
♪ Pengenalan (recognition)
Agak sulit untuk mengingat kembali suatu fakta namun
lebih mudah mengenalnya kembali. Bila ada pertanyaan “siapa presiden mesir
sekarang ?” lebih mudah bila pertanyaannya “siapa presiden mesir sekarang?”
Sada atau mubarok dan dapat disimpulkan
bahwa dalam hal ini diperlukan pengenalan dimana seseorang tidak harus mengingatnya
melainkan mengenal satu diantara dua?
♪ Belajar
Lagi (releaning)
Menguasai kembali pelajaran yang pernah kita peroleh termasuk pekerjaan
memori . seorang psikolog yang sering
membacakan kutipan-kutipan pendek dalam bahasa yunani terhadap anak-anak dan
dilakukan setiap hari mulai usia 15bulan dan 3tahun. Pada usia 8tahun ia akan
ditanyakan kembali kutipan-kutipan yang pernah di dengarnya. Anak itu menjawab
tidak . Maka Recall tidak tejadi dan diperlihatkan kutipan itu kepadanya apakah
ia mengenalnya jawabannya juga tidak. Hamper saja sang spikolog putus asa namun
ketika sianak disuruh menghafal kutipan-kutipan tersebut takjub anak itu lebih
cepat menghafal apa yang pernah ia dengar dulu dan ini lah yang disebut
relearning.
♪ Redintegrasi (Redintegration)
Merekonstruksi seluruh masa lalu melalui
petunjuk memori kecil,petunjuk memori bias saperti bau tertentu, warna atau
tempat. Inilah yang yang nmenyebabkan bila seseorang merasa sedih jika mencium
bau-bau tertentu, atau tempat-tempat tertentu dan kejadia-kejadian tertentu
karma seseorang itu pernah mengalaminya dulu.
☻ MEKANISME MEMORI
Memori merupakan arsip yang murah, praktis, efisien dan portable, tetapin
memori sering kali tidak berfungsi karma kita sering lupa untuk mengetahui
pekerjaan memori kita harus menjawab mengapa orang lupa jawabannya jelas
mengapa orang ingat dengan itu ada tigag teori yang yang menjelaskan memori :
1. Teori Aus
2. Teori Interfensi
3. Teori Pengolahan Informasi
♫ Teori Aus
(Disuse Theory)
Menurut teori ini memori hilang dan memudar
seiring berjalannya waktu seperti memori otot,
akan tetapi tidak selalu wakti mengauskan memori sering terjadi
kitamasih ingat kejadia puluhan tahun yang lalu namun kita lupa dengan kejadian
bebebrapa bulan yang lalu.
♫ Teori
Interferensi (Interrence Theory)
Menurut teiri ini teory merupakan meja
lilin atau kanvas , pada kanvas sudah terlukis hokum relavisitas. Segera
setelah itu anda merekam hokum medaman gabungan dan yang kedua akn menghapus
rekaman yang pertama atau mengaburkannya inilah yang disebut interferensi seseorang akan menghafal
satu demi satu bacaan namun akan terkikis lupa dimana yang dihafal pertama
kalinya dengan hasil hafalan yang kedua begitu juga. Hasil ingatan lama-lama
akan terkikis dengan ingatan berikutnya hal ini disebut juga inhibisi retroaktif.
♫ Teori
Pengolahan Informasi (Information Processing Theory)
Teori ini mengatakan bahwa informasi
mula-mula disimpan pada sensory storage (gudang inderawi)kemudian masuk
short-term memory (STM, memory jangka pendek) lalu dilupakan atau dikonding
untuk masuk kedalam long-term memory (LTM, memory jangka panjang). Dan otak
manusia dianalogikan sebagai computer. Pada intinya daya kerja teory ini adalah
mekanisme otak dalam mnerima.mengolah dan menyimpan informasi pada memory
manusia.
¤ BERPIKIR ¤
☻DEVINISI
Berpikir adalah proses keempat terhadap
stimuli pada penafsiran yang pada
intinya akan terjadi penarikan kesimpulan yang melibatkan pengggunaan
laqmbang-lambang, visual atau gravis. Berpikir adalah proses dalam memahami
realitas dalam rangka mengambil keputusan, memecahkan masalah dan menghasilkan
sesuatu yang baru.
☻BAGAIMANA SESEORANG BERPIKIR
Sacara garis
besar berpiir ada dua macam yaitu :
1. Bepikir Autistik
Seperti
melamun, menghayal dan berfantasi cotohnya orang yang melarikan diri dari kenyataan
dan melihat hidup sabagai gambar-gambar fantasi.
2. Berpikir Realistik
Seperti
berpikir dengan menggunakan nalar ialah berpikir dalam rangka menyesuaikan diri
dari kehidupan nyata.
Tiga macam berpikir Realistik :
~ Berpikir Deduktif
Ialah berpikir
untuk mengambil keputusan atau kesimpulan dari dua pernyataan dengan
mendahulukan hal-hal yang umum pada hal-hal khusus.
~ Berpikir
Induktif
Ialah bepikir
untuk mengambil kesimpulan dari dua pertanyaan dengan mendahulukan hal-hal yang
khusus pada hal-hal yang umum.
~ Berpikir
Evaluatif
Ialah berpikir
kritis dengan menilai baik buruknya, tepat atau tidaknya suatu keputusan dan
dalam berpikir evaluatif seseorang tidak menambah atau mengurangi gagasan.
☻ MEMECAHKAN
PERSOALAN (PROBLEM SOLVING)
Umumnya kita
bergerak sesuai dengan kebiasaan san semua berjalan otomatis, dan proses
pemecahan persoalan berlangsung melalui lima
tahap :
~ Terjadi
peristiwa ketika perilaku yang biasa dihambat karena sebab-sebab tertentu.
~ Mencoba
mengenali memory seseorang untuk mengetahui cara-cara apa saja yang efektif
pada masa lalu.
~ Mencoba
seluruh kemungkinan pemecahan yag pernah diingat atau dipikirkan dengan
seseorang.
~ Mulai
menggunakan lambing-lambang verbal atau gravis untuk mengatasi masalah.
~ Muncul
pemikiran terlintas dalam pemikiran anda suatu pemecahan.
☻FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI PROSES PEMECAHAN MASALAH
Pemecahan masalah dipengaruhi oleh
factor-faktor situasional dan personal :
~ Faktor
Situasional
Terjadi pada
stimulus yang menimbulkan masalah yang (sulit-mudah) (baru-lama)
(penting-kurang penting) (melubatkan sedikit atau banyak masalah)
~ Faktor
Personal
Terjadi pada
bilogis yang terjadi pada diri seseoramg meningkat atau menurunnya kemampuan
biologis bila menghadapi masalah, dan sosiopsikologis terhadap pemecahan
masalah.
☻ BERPIKIR
KREATIF (CREATIVE THINKING)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar