LATAR BELAKANG
Komunikasi berperan penting dalam
kehidupan manusia yang berfungsi menyebarluaskan pendapat, gagasan, ide, hasil
karya, hasil produk kepada orang lain.
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Pemasaran langsung adalah komunikasi
langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk
memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung
lama. Para pemasar langsung berkomunikasi
secara langsung dengan para pelanggan sering berdasarkan satu lawan satu dan
interaktif dengan menggunakan basis data yang rinci, mereka merancang tawaran
dan komunikasi pemasaran yang mampu menanggapi kebutuhan-kebutuhan segmen yang
sudah didefinisikan secara sempit atau bahkan para pembeli individu.
Contoh :
Dell Computer berinteraksi secara
langsung dengan para pelanggan melalui telepon atau melalui situs internetnya,
untuk mendesain system yang dibangun sesuai pesanan yang memenuhi kebutuhan
pelanggan individu. Para pembeli memesan
secara langsung dari Dell dan Dell dengan cepat dan efisien mengantarkan
komputer baru ke rumah atau kantor pemesan.
2.2 Fungsi
Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung berfungsi sebagai
distribusi langsung, saluran pemasaran yang tidak menggunakan jasa perantara
pemasaran. Karena pemasaran langsung sebagai salah satu unsur dari bauran
komunikasi pemasaran sebagai pendekatan untuk berkomunikasi secara langsung
dengan para pelanggan. Sebagian perusahaan masih menggunakan pemasaran langsung
sebagai saluran atau medium pelengkap untuk memasarkan produk mereka.
2.3 Manfaat dan
Pertumbuhan Pemasaran Langsung
2.3.1 Bagi konsumen produk eceran:
1. Aktivitas berbelanja
konsumen cukup dilakukan di rumah sehingga lebih menghemat waktu, nyaman, dan
bebas dari pertengkaran.
2. Memberikan pilihan
barang lebih banyak, karena dapat melakukan perbandingan dengan membuka-buka
katalog dan layanan belanja on line.
3. Dapat memesan barang
untuk diri sendiri atau orang lain.
2.3.2 Bagi konsumen produk industri:
1. Dapat
mempelajari barang dengan seksama barang dan jasa yang tersedia tanpa harus
menghabiskan waktu untuk bertemu dengan wiraniaga
2.3.3 Bagi penjual:
1. Dapat
membeli daftar alamat yang memuat nama dengan karakteristik yang spesifik.
2. Dapat
mengkhususkan dan menyesuaikan pesan sesuai kebutuhan kelompok sasaran.
3. Pemasaran
langsung dapat diatur agar dapat menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat.
4. Bahan
informasi pemasaran langsung memiliki keterbacaan yang tinggi karena bahan
terrsebut dikirimkan pada calon pembeli yang jelas tengah berminat.
5. Memungkinkan
pengujian media dan pesan alternatif untuk mencari metode pencapaian tujuan
yang paling efektif dalam segi biaya.
6. Membuat
tawaran dan strategi yang sulit dilihat oleh pesaing.
7. Dapat
mengukur tanggapan atas kampanye mereka untuk memutuskan kampanye mana yang
paling menguntungkan.
2.4 BENTUK-BENTUK PEMASARAN LANGSUNG
- pemasaran tatap muka
merupakan bentuk pemasaran secara
langsung yang paling awal paling tua adalah kunjungan penjualan, yang kita
bahas dalam bab terdahulu. Mereka memperkerjakan dan perwakilan dan agaen-agen
perusahaan untuk menjalankan tugas penjualan langsung. Selain itu, banyak perusahaan
konsumen menggunakan gugus penjualan
langsung untuk menjangkau konsumen akhir.
- pemasaran jarak jauh
pemasaran jarak jauh mengunakan telepon untuk menjual secara langsung
kepada konsumen. Pemasaran melalui telepon kini menyumbang lebih dari 38% dari
semua pengeluaran media secara langsung. Kita semua akrab dengan pemasaran
jarak jauh yang diarahkan pada konsumen tetapi para pemasar bisnis ke bisnis
juga menggunakan pemasaran jarak jauh secara luas. Pemasaran jarak jauh
terdapat dua ,tipe pertama tipe pemasaran telepon keluar yang berarti para
pemasar menggunakannya untuk menjual
secara langsung kepada konsumen dan bisnis. Sedangkan tipe kedua adalah
pemasaran telpon masuk (ke dalam) berarti telpon tersebut diggunakan untuk
menerima pesanan dari iklan di televisi dan radio, surat langsung atau katalog.
- pemasaran melalui surat langsung
pemasaran ini meliputi tindakan mengirimkan tawaran, pengumuman,
pemberitauan, atau item lain kepada seseorang dengan alamat khusus. Pemasaran
ini melalui pengiriman surat tunggal yang mencakup surat, iklan, contoh produk,
map tempat surat, dan ”wiraniaga yang memiliki sayap’’ lain yang dikirim kepada
calon pelanggan yang namanya tercamtum didaftar alamat. Surat angsung paling
cocok untuk komunikasu langsung yang memerlukan hubungan satu lawan satu. Surat
langsung memungkinkan tercapainya selektifitas pasar sasaran yang tinggi, dapat
dipersonalisasikan, fleksibel, dan memungkinkan dilakukannya pengukuran hasil
yang mudah.
- pemasaran melalui kalatog
pemasaran katalog ini mengunakan lembar cetakan yang dijilid yang
sedikitnya terdiri dari delapan halaman, yang menjual berbagai produk, dan
menawarkan mekanisme pemesanan langsung pemasaran ini melalui katalog cetak,
vidio, atau katalog elektronik yang dikirim kepada pelanggan pilihan,
disediakan ditoko atau dipresentasikan secara on line.
- pemasaran televisi tanggapan langsung
pemasaran melalui televisi ini menghasilkan tanggapan langsung dalam dua
bentuk pertama pemasangan iklan tanggapan langsung yaitu pemasar langsung
menayangkan spot televisi, berdurasi 60 sampai 120 detik, yang secara persuasif
manggambarkan sebuah produk dan memberi pelanggan nomor bebas pulsa untuk
pemesanan. Kedua saluran belanja dari rumah adalah program-program televisi
atau saluran secara keseluruhan yang dipersembahkan untuk menjual barang dan
jasa. seperti saluran belanja kerumah Quality Value Channel (QVC) yang
melakukan siaran 24 jam sehari.
- pemasaran memalui kios
banyak perusahan menempatkan mesin-mesin informasi dan pemesanan yang
disebut kios (berbeda dengan mesin penjual yang mengeluarkan produk aktual).
Hallmark dan American Greeting mengunakan kios untuk membantu pelanggan
menciptakan dan membeli kartu-kartu ucapan yang dibuat dengan sentuhan pribadi.
2.5
PEMASARAN
LANGSUNG TERPADU
Sering terlihat dimasing-masing pemasaran langsung upaya pemasaran langungg
yang dibuat oleh perusahaan tidak terpadu dengan baik satu sama lain atau
dengan unsur-unsur lain dalam bauran pemasan dan promosi contohnya pemasangan
iklan media sebuah perusahaan mungkin ditangani oleh bagian pemasangan iklan
yang bekerja sama dengan biro periklanan tradisional. Sementara itu, upaya
surat langsung dan upaya bisnis katalognya ditangani oleh spesialis pemasaran
langsung dan untuk situs internetnya dikembangkan da dioprasikan oleh
perusahaan internet dari luar mengunakan.
Contoh :
Kampanye
pemasaran langsung. Kampanye ini mengunakan sarana dan tahap ganda untuk
memperbaiki tingkat tanggapan dan laba.
2.6 KEBIJAKAN
PUBLIK DAN ISU ETIS DALAM PEMASARAN LANGSUNG
Dalam komunikasi pemasaran langsung dan para pelanggan mereka biasanya menikmati hubungan
yang memberi manfaat bersama. Namun demikian, kadang-kadang sisi yang lebih
gelap muncul taktik beberapa pemasaran langsung yang agresif dan kadang-kadang
tidak jujur dapat mengganggu atau merugikan konsumen, yang membuat seluruh
industri mendapat seluruh nama jelek.
- Gangguan, Ketidak Jujuran, Penipuan,dan kecurangan
Akses-akses
pemasaran langsung kadang-kadang mengganggu atau menyinggung perasaan
konsumen,sebagian besar tidak menyukai iklan TV tanggapan langsung yanng
terlalu keras, terlalu panjang, dan terlalu memaksa. Ganguan yang sangat khusus
adalah pemanggilan telpon larut malam atau saat makan malam, lebih dari sekedar
menggangu komsumen dan beberapa pemasar langsung sudah dituduh memanfaatkan
sacara tidak fair pembeli yang impulsif atau kurang canggih pertunjukan
ditelevisi.
.b. penyarangan privasi
Penyerangan
privasi mungkin isu kebijakan publik kini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar