Kamis, 12 Januari 2012

personal selling



LATAR BELAKANG

            Komunikasi berperan penting dalam kehidupan manusia yang berfungsi menyebarluaskan pendapat, gagasan, ide, hasil karya, hasil produk kepada orang lain.  

PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
            Pemasaran langsung adalah komunikasi langsung dengan pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama. Para pemasar langsung berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggan sering berdasarkan satu lawan satu dan interaktif dengan menggunakan basis data yang rinci, mereka merancang tawaran dan komunikasi pemasaran yang mampu menanggapi kebutuhan-kebutuhan segmen yang sudah didefinisikan secara sempit atau bahkan para pembeli individu.

Contoh :
            Dell Computer berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan melalui telepon atau melalui situs internetnya, untuk mendesain system yang dibangun sesuai pesanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan individu. Para pembeli memesan secara langsung dari Dell dan Dell dengan cepat dan efisien mengantarkan komputer baru ke rumah atau kantor pemesan.
           
2.2 Fungsi Pemasaran Langsung
            Pemasaran langsung berfungsi sebagai distribusi langsung, saluran pemasaran yang tidak menggunakan jasa perantara pemasaran. Karena pemasaran langsung sebagai salah satu unsur dari bauran komunikasi pemasaran sebagai pendekatan untuk berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggan. Sebagian perusahaan masih menggunakan pemasaran langsung sebagai saluran atau medium pelengkap untuk memasarkan produk mereka.

2.3 Manfaat dan Pertumbuhan Pemasaran Langsung
            2.3.1 Bagi konsumen produk eceran:
                        1. Aktivitas berbelanja konsumen cukup dilakukan di rumah sehingga lebih menghemat waktu, nyaman, dan bebas dari pertengkaran.
                        2. Memberikan pilihan barang lebih banyak, karena dapat melakukan perbandingan dengan membuka-buka katalog dan layanan belanja on line.
                        3. Dapat memesan barang untuk diri sendiri atau orang lain.

2.3.2 Bagi konsumen produk industri:
1. Dapat mempelajari barang dengan seksama barang dan jasa yang tersedia tanpa harus menghabiskan waktu untuk bertemu dengan wiraniaga

2.3.3 Bagi penjual:
1. Dapat membeli daftar alamat yang memuat nama dengan karakteristik yang spesifik.
2. Dapat mengkhususkan dan menyesuaikan pesan sesuai kebutuhan kelompok sasaran.
3. Pemasaran langsung dapat diatur agar dapat menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat.
4. Bahan informasi pemasaran langsung memiliki keterbacaan yang tinggi karena bahan terrsebut dikirimkan pada calon pembeli yang jelas tengah berminat.
5. Memungkinkan pengujian media dan pesan alternatif untuk mencari metode pencapaian tujuan yang paling efektif dalam segi biaya.
6. Membuat tawaran dan strategi yang sulit dilihat oleh pesaing.
7. Dapat mengukur tanggapan atas kampanye mereka untuk memutuskan kampanye mana yang paling menguntungkan.

2.4 BENTUK-BENTUK PEMASARAN LANGSUNG

  1. pemasaran tatap muka
 merupakan bentuk pemasaran secara langsung yang paling awal paling tua adalah kunjungan penjualan, yang kita bahas dalam bab terdahulu. Mereka memperkerjakan dan perwakilan dan agaen-agen perusahaan untuk menjalankan tugas penjualan langsung. Selain itu, banyak perusahaan konsumen menggunakan  gugus penjualan langsung untuk menjangkau konsumen akhir.

  1. pemasaran jarak jauh
pemasaran jarak jauh mengunakan telepon untuk menjual secara langsung kepada konsumen. Pemasaran melalui telepon kini menyumbang lebih dari 38% dari semua pengeluaran media secara langsung. Kita semua akrab dengan pemasaran jarak jauh yang diarahkan pada konsumen tetapi para pemasar bisnis ke bisnis juga menggunakan pemasaran jarak jauh secara luas. Pemasaran jarak jauh terdapat dua ,tipe pertama tipe pemasaran telepon keluar yang berarti para pemasar menggunakannya untuk menjual  secara langsung kepada konsumen dan bisnis. Sedangkan tipe kedua adalah pemasaran telpon masuk (ke dalam) berarti telpon tersebut diggunakan untuk menerima pesanan dari iklan di televisi dan radio, surat langsung atau katalog.

  1. pemasaran melalui surat langsung
pemasaran ini meliputi tindakan mengirimkan tawaran, pengumuman, pemberitauan, atau item lain kepada seseorang dengan alamat khusus. Pemasaran ini melalui pengiriman surat tunggal yang mencakup surat, iklan, contoh produk, map tempat surat, dan ”wiraniaga yang memiliki sayap’’ lain yang dikirim kepada calon pelanggan yang namanya tercamtum didaftar alamat. Surat angsung paling cocok untuk komunikasu langsung yang memerlukan hubungan satu lawan satu. Surat langsung memungkinkan tercapainya selektifitas pasar sasaran yang tinggi, dapat dipersonalisasikan, fleksibel, dan memungkinkan dilakukannya pengukuran hasil yang mudah.

  1. pemasaran melalui kalatog
pemasaran katalog ini mengunakan lembar cetakan yang dijilid yang sedikitnya terdiri dari delapan halaman, yang menjual berbagai produk, dan menawarkan mekanisme pemesanan langsung pemasaran ini melalui katalog cetak, vidio, atau katalog elektronik yang dikirim kepada pelanggan pilihan, disediakan ditoko atau dipresentasikan secara on line.

  1. pemasaran televisi tanggapan langsung
pemasaran melalui televisi ini menghasilkan tanggapan langsung dalam dua bentuk pertama pemasangan iklan tanggapan langsung yaitu pemasar langsung menayangkan spot televisi, berdurasi 60 sampai 120 detik, yang secara persuasif manggambarkan sebuah produk dan memberi pelanggan nomor bebas pulsa untuk pemesanan. Kedua saluran belanja dari rumah adalah program-program televisi atau saluran secara keseluruhan yang dipersembahkan untuk menjual barang dan jasa. seperti saluran belanja kerumah Quality Value Channel (QVC) yang melakukan siaran 24 jam sehari.

  1. pemasaran memalui kios
banyak perusahan menempatkan mesin-mesin informasi dan pemesanan yang disebut kios (berbeda dengan mesin penjual yang mengeluarkan produk aktual). Hallmark dan American Greeting mengunakan kios untuk membantu pelanggan menciptakan dan membeli kartu-kartu ucapan yang dibuat dengan sentuhan pribadi.


2.5    PEMASARAN LANGSUNG TERPADU

Sering terlihat dimasing-masing pemasaran langsung upaya pemasaran langungg yang dibuat oleh perusahaan tidak terpadu dengan baik satu sama lain atau dengan unsur-unsur lain dalam bauran pemasan dan promosi contohnya pemasangan iklan media sebuah perusahaan mungkin ditangani oleh bagian pemasangan iklan yang bekerja sama dengan biro periklanan tradisional. Sementara itu, upaya surat langsung dan upaya bisnis katalognya ditangani oleh spesialis pemasaran langsung dan untuk situs internetnya dikembangkan da dioprasikan oleh perusahaan internet dari luar mengunakan.

Contoh :
Kampanye pemasaran langsung. Kampanye ini mengunakan sarana dan tahap ganda untuk memperbaiki tingkat tanggapan dan laba.






2.6 KEBIJAKAN PUBLIK DAN ISU ETIS DALAM PEMASARAN LANGSUNG
            Dalam komunikasi pemasaran langsung dan para pelanggan mereka biasanya menikmati hubungan yang memberi manfaat bersama. Namun demikian, kadang-kadang sisi yang lebih gelap muncul taktik beberapa pemasaran langsung yang agresif dan kadang-kadang tidak jujur dapat mengganggu atau merugikan konsumen, yang membuat seluruh industri mendapat seluruh nama jelek.

    1. Gangguan,  Ketidak Jujuran, Penipuan,dan kecurangan
Akses-akses pemasaran langsung kadang-kadang mengganggu atau menyinggung perasaan konsumen,sebagian besar tidak menyukai iklan TV tanggapan langsung yanng terlalu keras, terlalu panjang, dan terlalu memaksa. Ganguan yang sangat khusus adalah pemanggilan telpon larut malam atau saat makan malam, lebih dari sekedar menggangu komsumen dan beberapa pemasar langsung sudah dituduh memanfaatkan sacara tidak fair pembeli yang impulsif atau kurang canggih pertunjukan ditelevisi.
           
.b. penyarangan privasi
Penyerangan privasi mungkin isu kebijakan publik kini  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar