Selasa, 22 Januari 2013

BEBERAPA ALTERNATIF STRATEGI KREATIF DALAM PERIKLANAN


BEBERAPA ALTERNATIF STRATEGI KREATIF DALAM PERIKLANAN

·         Strategi Generik (umum)
Merupakan strategi pengiklanan yang tidak membedakan merek yang dipasarkannya dari pesaing atau tidak menyatakan keunggulan mereknya yang dipasarkannya. ini berorientasi pada keunggulan biaya keseluruhan dan diferensiasi. Keunggulan biaya keseluruhan menonjolkan harga lebih rendah dari pesaing

·         Strategi Hak Pembelian Awal (preemptive)
Merupakan strategi pengiklanan yang membuat pernyataan tipe generic namun dalam pengiklanannya membuat peryantaan keunggulan produknya. dengan strategi generik, tetapi  menonjolkan superioritasnya. Strategi ini digunakan oleh perusahaan yang produknya kecil.  Strategi preemtive ini merupakan strategi yang cerdik, karena menonjolkan superioritasnya dan merupakan pernyataan yang unik. Meskipun demikian, jangan melebih-lebihkan manfaat produk Anda dengan  mengatakan hal-hal yang mengada-ada, karena termasuk dosa periklanan

·         Strategi Proposi Penjualan Unik
Merupakan strategi pengiklanan yang menyatakan produknya dengan menggunakan atribut produk yang unik, suatu manfaat yang nyata bagi komsumen. Strategi ini berorientasi pada keunggulan atau kelebihan produk yang tidak dimiliki oleh produk saingannya. Kelebihan tersebut juga merupakan sesuatu yang dicari atau dijadikan alasan bagi konsumen untuk menggunakan suatu produk. Produk dibedakan oleh karakter yang spesifik yang membuat suatu merek tersebut unik.

    


·         Strategi Citra Merek
Merupakan strategi pengiklanan yang mengembangkan citra atau identitas merek dengan mengasosiasikan produk tersebut dengan identitas tertentu (identitas khusus atau personalitas dan diferensiasi psikologis), dan produk relative sedikit deferensiasi dan merek relative homogen. Sebuah merek atau produk diproyeksikan pada suatu citra (image) tertentu (melalui periklanan). Gagasannya adalah agar konsumen dapat menikmati keuntungan psikologis dari sebuah produk (selain keuntungan keuangan yang mungkin ada). Biasanya berorientasi pada simbol kehidupan.

·         Strategi Posioning
Merupakan strategi pengiklanan yang dapat menanamkan mereknya dibenak konsument tentang produknya dan bagaimana produk dibandingkan dengan penawaran kompetitif. menjadi dasar yang populer dari pengembangan strategi kreatif. Gagasan umum dari positioning adalah menempatkan sebuah produk untuk mendapatkan posisi yang baik dalam benak konsumen. Merek yang telah memiliki posisi mapan dalam benak akan menjadi faktor pengaruh yang kuat pada saat konsumen memerlukan solusi. Biasanya berorientasi pada market leader. positioning bukan yang dikerjakan terhadap produk, tetapi yang dikerjakan terhadap benak konsumen.

·         Strategi Resonansi (gema)
Merupakan pengiklanan yang mengunakan pengalaman hidup khalayak, biasanya dimulai dengan riset psikografis dan fokus pada mencari keadaan atau situasi saat ini hingga menemukan lawan berimbang dalam pengalaman riil atau imajinas khalayak. Strategi ini tidak berfokus pada dan citra merek, tetapi lebih berfokus pada situasi atau kondisi yang ditemukan yang menguatkan pengalaman hidup konsumen.

·         Srategi Emosional
Merupakan pengiklanan yang dibuat berdaarkan faktor emsional serta daya tarik emosi. Daya tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk. Banyak konsumen termotivasi untuk memngambil keputusan dan membeli suatu produk karena emosional dan perasaaan terhadap merek dapat menjadi lebih penting daripada pengetahuan terhadap atribut dan pernik-pernik produk tersebut. Secara umum daya tarik emosional itu menyangkut kebahagiaan, keterkejutan, ketakutan, kesedihan, kemarahan dan kemuakan. 


Strategi Generik (umum)

·         iklan Bank Bukopin menggunakan keunggulan biaya keseluruhan dengan memberikan GRATIS menarik tunai di ATM Bank Mana Saja. Iklan Bank Bukopin

Bukopin
·         Iklan FULLO CHOCOLATE
Dalam pengiklanannya sama sekali tidak ada menjatuhkan merek-merek chocholate yang lainnya atau sejenis dengan produknya. Dalam pengiklanannya produk chochalate fullo ini hanya memberi tahu akan produknya seperti full chocolate dan mmmmm lezat.


·         Iklan BAIGON
Iklan singkat yang relative singkat yang ditayangkan di televise dalam pengiklanannya hanya menkomunikasika atau member takan bahwan baigon ampuh handapinya nyamuk.


·         Iklan BISKUIT TIMTAM
Iklan televisinya hanya menjelaskan enaknya produk timtam dengan menggunakan artis sebagai model iklanya dengan menguakan expresi yag sedang menikmati enaknya biscuit timtam yang lezat.
 

·         Iklan CHERES CHOCO
Iklan televusnya dengan menggunakan anak-anak ang sedang menikmati enagnya roti bia ditambah selai cheres choco dengan menggunakan expresi merek yang merasakan enaknya makan roti dengan menggunakan ceres chocolate.

 





Strategi Hak Pembelian Awal (preemptive)

·         Iklan susu BIO KIDS
Dalam pengiklanannya menjelaskan bahwa kandungan susu anak-anak ini di lengkapi dengan kolostrum zat yang khusus untuk mempertahankan kekebalan fugsi imun tubuh anak atau daya tahan tubuh pada anak-anak dalam pengiklanannya di tunjukkan seorang ibu yang sedang penjelaskan betapa hebatnya susu ini. Ibu ini menyatakan kelebihan-kelebihan yang ada dalam produk ini dan meyakinkan konsument bahwa bila anak-anakya meminum susu ini maka daya tahan kekekbalan tubu anaknya akan terlindungi dan anak-anak anak jarang sakit dan akan jarang pergi kedokter. Dalam ending ikla tersebut sang model yang di perankan ibu-bu menyatakan hal seperti diatas.

 

·         Iklan SUNSLIK COMDESIONER TREATMENT
Dalam pengiklanannya dengan menggunakan model yang rabutnya tadinya rusak dan kering da rontok . setelah menggunakan produksunslik yang terbaru ini rambut akan menjadi sehat kembali, lembut, dan berkilau.

Sunsilk-2



Strategi Proposi Penjualan Unik

·         BRI dengan BritAma Prime Card merupakan kartu dengan karakter yang unik, yaitu kartu yang  dapat digunakan untuk membayar tagihan telepon seluler, pulsa isi ulang, PLN dan Telkom. Iklan BritAma Prime Card ditunjukkan pada

BRI

Strategi Citra Merek
Iklan Citibank
menggunakan strategi Brand Image yang hanya menampilkan logo atau simbol dari Citibank. Iklan berbentuk Pylon kreasi dari Warna Warni tersebut
Citibank-Pylon-WarnaWarni

Strategi Posioning
Mie Sedaap dengan positioning “JELAS TERASA SEDAPNYA”  

MieSedaap


Strategi Resonansi (gema)
 Iklan Campina menggunaan strategi resonansi, yaitu menampilkan suasana menanam pohon yang dilakukan anak-anak. Iklan Campina hasil karya Fortune Indonesia tersebut ditunjukkan pada
Campina2-FortuneIndonesia







Srategi Emosional
Iklan Indomie
 buatan Matari Advertising menggunakan daya tarik emosional yang berkait dengan kebahagiaan
 Indomie1-MatariAd

·         Iklan dari Daihatsu
 merupakan iklan dengan daya tarik emosional yang mengejutkan DENGAN MENGGUNAKAN EXPRESI YANG MENGEJUTKAN.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar