BEBERAPA ALTERNATIF
STRATEGI KREATIF DALAM PERIKLANAN
·
Strategi Generik (umum)
Merupakan
strategi pengiklanan yang tidak membedakan merek yang dipasarkannya dari
pesaing atau tidak menyatakan keunggulan mereknya yang dipasarkannya. ini
berorientasi pada keunggulan biaya keseluruhan dan diferensiasi. Keunggulan
biaya keseluruhan menonjolkan harga lebih rendah dari pesaing
·
Strategi Hak Pembelian Awal (preemptive)
Merupakan
strategi pengiklanan yang membuat pernyataan tipe generic namun dalam
pengiklanannya membuat peryantaan keunggulan produknya. dengan strategi
generik, tetapi menonjolkan
superioritasnya. Strategi ini digunakan oleh perusahaan yang produknya
kecil. Strategi preemtive ini merupakan
strategi yang cerdik, karena menonjolkan superioritasnya dan merupakan
pernyataan yang unik. Meskipun demikian, jangan melebih-lebihkan manfaat produk
Anda dengan mengatakan hal-hal yang
mengada-ada, karena termasuk dosa periklanan
·
Strategi Proposi Penjualan Unik
Merupakan
strategi pengiklanan yang menyatakan produknya dengan menggunakan atribut
produk yang unik, suatu manfaat yang nyata bagi komsumen. Strategi ini
berorientasi pada keunggulan atau kelebihan produk yang tidak dimiliki oleh
produk saingannya. Kelebihan tersebut juga merupakan sesuatu yang dicari atau
dijadikan alasan bagi konsumen untuk menggunakan suatu produk. Produk dibedakan
oleh karakter yang spesifik yang membuat suatu merek tersebut unik.
·
Strategi Citra Merek
Merupakan
strategi pengiklanan yang mengembangkan citra atau identitas merek dengan
mengasosiasikan produk tersebut dengan identitas tertentu (identitas khusus
atau personalitas dan diferensiasi psikologis), dan produk relative sedikit
deferensiasi dan merek relative homogen. Sebuah merek atau produk diproyeksikan
pada suatu citra (image) tertentu (melalui periklanan). Gagasannya adalah agar
konsumen dapat menikmati keuntungan psikologis dari sebuah produk (selain
keuntungan keuangan yang mungkin ada). Biasanya berorientasi pada simbol
kehidupan.
·
Strategi Posioning
Merupakan
strategi pengiklanan yang dapat menanamkan mereknya dibenak konsument tentang
produknya dan bagaimana produk dibandingkan dengan penawaran kompetitif. menjadi
dasar yang populer dari pengembangan strategi kreatif. Gagasan umum dari
positioning adalah menempatkan sebuah produk untuk mendapatkan posisi yang baik
dalam benak konsumen. Merek yang telah memiliki posisi mapan dalam benak akan
menjadi faktor pengaruh yang kuat pada saat konsumen memerlukan solusi.
Biasanya berorientasi pada market leader. positioning bukan yang dikerjakan
terhadap produk, tetapi yang dikerjakan terhadap benak konsumen.
·
Strategi Resonansi (gema)
Merupakan
pengiklanan yang mengunakan pengalaman hidup khalayak, biasanya dimulai dengan
riset psikografis dan fokus pada mencari keadaan atau situasi saat ini hingga
menemukan lawan berimbang dalam pengalaman riil atau imajinas khalayak. Strategi
ini tidak berfokus pada dan citra merek, tetapi lebih berfokus pada situasi
atau kondisi yang ditemukan yang menguatkan pengalaman hidup konsumen.
·
Srategi Emosional
Merupakan
pengiklanan yang dibuat berdaarkan faktor emsional serta daya tarik emosi. Daya
tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli
suatu produk. Banyak konsumen termotivasi untuk memngambil keputusan dan
membeli suatu produk karena emosional dan perasaaan terhadap merek dapat
menjadi lebih penting daripada pengetahuan terhadap atribut dan pernik-pernik
produk tersebut. Secara umum daya tarik emosional itu menyangkut kebahagiaan,
keterkejutan, ketakutan, kesedihan, kemarahan dan kemuakan.
Strategi Generik (umum)
·
iklan Bank Bukopin menggunakan
keunggulan biaya keseluruhan dengan memberikan GRATIS menarik tunai di ATM Bank
Mana Saja. Iklan Bank Bukopin
·
Iklan FULLO CHOCOLATE
Dalam
pengiklanannya sama sekali tidak ada menjatuhkan merek-merek chocholate yang
lainnya atau sejenis dengan produknya. Dalam pengiklanannya produk chochalate
fullo ini hanya memberi tahu akan produknya seperti full chocolate dan mmmmm
lezat.
·
Iklan BAIGON
Iklan
singkat yang relative singkat yang ditayangkan di televise dalam pengiklanannya
hanya menkomunikasika atau member takan bahwan baigon ampuh handapinya nyamuk.
·
Iklan BISKUIT TIMTAM
Iklan
televisinya hanya menjelaskan enaknya produk timtam dengan menggunakan artis
sebagai model iklanya dengan menguakan expresi yag sedang menikmati enaknya
biscuit timtam yang lezat.
·
Iklan CHERES CHOCO
Iklan
televusnya dengan menggunakan anak-anak ang sedang menikmati enagnya roti bia
ditambah selai cheres choco dengan
menggunakan expresi merek yang merasakan enaknya makan roti dengan menggunakan
ceres chocolate.
Strategi Hak Pembelian Awal
(preemptive)
·
Iklan susu BIO KIDS
Dalam
pengiklanannya menjelaskan bahwa kandungan susu anak-anak ini di lengkapi
dengan kolostrum zat yang khusus untuk mempertahankan kekebalan fugsi imun
tubuh anak atau daya tahan tubuh pada anak-anak dalam pengiklanannya di
tunjukkan seorang ibu yang sedang penjelaskan betapa hebatnya susu ini. Ibu ini
menyatakan kelebihan-kelebihan yang ada dalam produk ini dan meyakinkan
konsument bahwa bila anak-anakya meminum susu ini maka daya tahan kekekbalan
tubu anaknya akan terlindungi dan anak-anak anak jarang sakit dan akan jarang
pergi kedokter. Dalam ending ikla tersebut sang model yang di perankan ibu-bu
menyatakan hal seperti diatas.
·
Iklan SUNSLIK COMDESIONER TREATMENT
Dalam
pengiklanannya dengan menggunakan model yang rabutnya tadinya rusak dan kering
da rontok . setelah menggunakan produksunslik yang terbaru ini rambut akan
menjadi sehat kembali, lembut, dan berkilau.
Strategi Proposi Penjualan Unik
·
BRI dengan BritAma Prime Card merupakan kartu
dengan karakter yang unik, yaitu kartu yang dapat digunakan untuk
membayar tagihan telepon seluler, pulsa isi ulang, PLN dan Telkom. Iklan BritAma
Prime Card ditunjukkan pada
Strategi Citra Merek
Iklan
Citibank
menggunakan
strategi Brand Image yang hanya menampilkan logo atau simbol dari Citibank.
Iklan berbentuk Pylon kreasi dari Warna Warni tersebut
Strategi Posioning
Mie Sedaap dengan
positioning “JELAS TERASA SEDAPNYA”
Strategi Resonansi (gema)
Iklan Campina
menggunaan strategi resonansi, yaitu menampilkan suasana menanam pohon yang
dilakukan anak-anak. Iklan Campina hasil karya Fortune Indonesia tersebut
ditunjukkan pada
Srategi Emosional
Iklan Indomie
buatan Matari Advertising menggunakan daya
tarik emosional yang berkait dengan kebahagiaan
·
Iklan
dari Daihatsu
merupakan
iklan dengan daya tarik emosional yang mengejutkan DENGAN MENGGUNAKAN EXPRESI
YANG MENGEJUTKAN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar